Senin, 05 April 2010

kisah syafa'atul udzma


Pada ketika semua manusia dihalau dipadang mahsyar ,mereka dalam keadaan mereka masing2 dngn bermacam2 keadaan, semua memandang dngan qadar amal ibadah yg mereka perbuat didalam dunia ,ada pun yang ber iman & ber amal sholeh yg ikhlas & banyak mereka akan menerima hasil kenikmatannya di akhirat , adapun yg tidak ber iman atau tidak mempunyai amal sholeh yg banyak ,meraka jg akan menerima balasan yang setimpal !
Fama(n)ya'mal misqola dzarratin khoira(n)yarah,
wama(n)ya'mal misqola dzarratin syara(n)yarah. (Q.S.AL-INSYIRAH)

semua berada dalam kondisi yang berbeda2 ,pada waktu itu , & jg semua dalam keadaan berkeringat yg berbeda2 (tergantung amal mrka), ada yg ditenggelamkn keringat sampai 2 mata kaki ,ada yg sampai lutut ,ada yg sampai dada ,ada yg sampai leher ,bahkan ada yg seluruh tubuhnya ditenggelamkan oleh keringatnya sendiri pada waktu matahari yg hanya berjarak sejengkal di atas tubuh manusia ,& berlipat gandanya panas nya matahari dngn beribu ribu kali lipat tingkat kepanasannya !
Senantiasa manusia pd waktu itu gelisah yg tiada kira dalam waktu seribu tahun ...sedangkan allah tidak berbicara satu patah kalimat pun terhadap manusia akan ketetapan mereka, sehingga memuncak lah oleh keluh kesah yg tiada kira pd mereka di atas padang Mahsyar itu !
Sehingga mereka pun mencita2 ingin keluar dari tempat mahsyar itu ,meskipun ke neraka (asal mereka keluar dari mahsyar, itu karena saking perihnya bertahan ditempat itu)
"maka berkata lah sebagian dari mereka : ayo qt pergi ke bapak kita nabi "adam" . Maka pergilah mereka ke nabi adam !
Berkata lah mereka : wahai bapak dr semua manusia !! Perkara yg ditimpakan pada kami ini sungguh bersengatan berat...!
Engkau lah org yg allah ciptakan dgn kekuasaannya secara langsung & telah bersujud(tunduk/patuh) kpd engkau oleh mala'ikat & allah telah meniupkan kpd engkau akan ruhnya ! "Tolong selamatkn kami" pd kputusan yg pasti !
Selamatkn lah kmi dihadapan tuhan engkau agar dia memutuskn kepastia kpd kami !
Berkatalah nabi adam : aku bukan lah orang yg pantas untuk menolong ! Aq dulu telah dikeluarkn dari surga krna sebab suatu kesalahan (memakan buah khuldi) , pada hari ini aq tidak mementingkan siapapun terkecuali untuk diri q sendiri (apakah sudah selamat / blum ?) akan tetapi datanglah kmu semua kpd nabi nuh !!
Maka dtnglah mereka & berkata : wahai nabi nuh ! Engkaulah pertama rasul yg di utus untuk penduduk bumi ,& tlh menamakan allah akan engkau sbagai HAMBA YG SANGAT BERSYUKUR (abdan syakura)
maka selamatkn lah kmi terhadap tuhan engkau, untuk memutuskn kputusn kpd kmi !
Nabi nuh pun berkata: Aq bukanlah orang yg pantas untuk itu(menyelamatkn) aq dulu pernah berdo'a kpd tuhan untuk menenggelamkn manusia (yg kafir) ,maka tenggelam lah mereka semua ! Sesungguhnya aq pun tidak pantas untuk menyelamatkan kalian ,pd hari ini tidak ada satu pun yg ku pentingkan kecuali diri q sndiri ! Datanglah kpd nabi ibrahim !
Mka datanglah mereka kpd nabi ibrahim & mrka brkata : wahai nabi ibrahim ! Engkau lah nabi allah & kekasih allah dr pnduduk bumi ! Selamatkn lah kami kpd tuhan engkau agar tuhan memutuskn suatu keputusan kpd kami !
Nabi ibrahim pun berkata : aq jg bukan org yg pantas menyelamtkn kalian semua! Aq dulu telah berdusta di dalam islam dgn 3 dusta (yg sbenarnya itu bukan dusta ,melainkan hanya tauriyah yg tdk di anggap brdosa) pd hari ini tidak ada yg kupentingkan kecuali diri q sendiri ! Datangilah nabi musa yg telah berkalam(brbicara langsung) dngn allah !
Maka datanglah mereka kpd nbi musa & mreka berkata sbgaimana mrka dtng kpd nbi2 yg lain !
Brkatalah nbi musa : aq pun jg tidak pantas menyelamatkn kalian ,,dulu aq pernah membunuh yg aku tidak diperintahkan allah untuk membunuh orang itu !(ini ketidak sengaja'an nbi musa)
pd hari ini tidak ada pun yg ku pentingkan kecuali diri ku sendiri ! Akan tetapi datanglah kalian kpd nbi isa !
Mka mendatangi mereka kpd nbi isa & berkata mrka : wahai nbi isa engkaulah rasul allah & kalimatnya allah yg telah allah lotarkn keperut MARYAM ,engkau telah sanggup brbicara kpd mnusia sjak dlm buayan ! Mka tolonglah kmi kpd tuhan agar memutuskn kputusan kpd kmi !& brkata lah nbi isa: sungguh aq&ibuku telah disembah(djadikn tuhan) dr selain allah sungguh tidak ada yg kupentingkan hri ini kecuali diri q sendiri (pada hakikatnya semua nbi tdk mmpunyai dosa akn tetapi mrka br uzur krna memandang tinggi&besarnya maqam nabi muhammad SAW)
nbi isa pun brkata ; akan tetapi perumpama'annya jikalau seandainya ada sebuah wadah yg berisi akan tetapi ditutup diluarnya ,apakh bsa ss'org mngambil isinya jika lau tidak dibuka tutupnya ??
Tidak "kt mrka ! Sesungguhnya Nb MUHAMMAD lh penutup semua nbi, sungguh dia akan menyempurnakan ini hari & sungguh allah telah mengampuni dosa2nya yg dulu & yg akan datang ! Datangi lah dia(muhammad) kata nbi isa " maka datanglah mereka kpda nabi yg paling mulia yaitu nbi muhammad SAW !


Maka datanglah mereka semua makhluq kpd nabi muhammad & mrka berkata: wahai nabi muhammad ! Engkau lah utusan allah ,penutup seluruh nabi ,, berikan lah kami syafa'at(pertolongan) engkau , apakah engkau tidak melihat akan keadaan kami semua ini
(dlm penantian yg menggelisahkn apakah termasuk org yg selamat ataukah termasuk org yg binasa & celaka)

Maka berkatalah nabi : aku lah orang yg akan memberi syafa'at kpd kalian !!

Ooh umat ku ,umat ku !
Kemudian tersungkurlah nabi bersujud di bawah al-arsy , memohon kpd allah akan keselamatan ummatnya , (selama 1 minggu lamanya )

stelah 1 minggu berlalu nabi masih senantiasa tersungkur sujud memohon !
(ini lah betapa besarnya perjuangan nabi untuk ummatnya dari beliau masih hidup didunia sampai di negri akhirat beliau tetap memperjuangkn ummatnya , saking cintanya beliau kpda ummatnya !
-Tp knpa cinta qt kpd beliau masih tipis ??
-Ada kah hati qt sudah benar2 cinta kpd beliau ??
-adakah qt sudah membuktikan kbenaran cinta qt kpd beliau ??
-pantaskah qt tdk mencintai beliau sedangkan diri qt penuh dngn jasa dari beliau ?? DLL )

Kemudian stelah sekian lamanya nabi brsujud , terdengar lah suara : wahai muhammad , angkat lah kepala engkau (dr tmpat sujud)
-pinta lah apapun ,niscaya engkau akn dikasih (diberi) !
-berikan lah syafa'at ,niscaya akn dterima syafa'at(prtolongn) dri engkau !
Maka mengangkatlah nabi akan kepala beliau & brkata : wahai tuhan q , berikn lah kputusan kpd ummat q ,
wahai tuhan q , segerakan lah akan perhitungan timbangan amal ibadah mreka !
Maka datanglah suara ! NA'AM YA MUHAMMAD !
Baik lah wahai muhammad !
Lalu diberi syafa'at lah makhluq dngn berkah kebesaran & kemuliaan pangkat nabi muhammad saw .
ini lah syafa'at yg telah merata akan semua makhluq, baik dr pda manusia & jin !
Ini lah yg di namakan syafa'atul udzma yg dimana membuka pintu keputusan & kepastian bagi semua makhluq pd ketika di penantian mahsyar yg sangat & sangat menggelisahkan !

Ini lah maqam yg terpuji yg dimiliki oleh nabi muhammad ,yg telah memuji oleh orang2 yg terdahulu & yg sekarang !

"Sarah Fathul majid"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar